Kue Ulang Tahun

Insya Allah dalam waktu dekat ini Wira akan merayakan ulangtahunnya yang ke-tiga; Ari dan saya sama-sama setuju untuk mengadakannya di sekolah. Sebelumnya saya pernah melihat beberapa orangtua yang mengadakan perayaan ulangtahun anak mereka di sekolah, dan biasanya mereka membawa kue ulangtahun.

Awalnya saya berpikir, “kue ulangtahun bisa beli saja kali ya?” tetapi saya… Salah besar.

Iya, sebenernya bisa beli, hanya saja mungkin sedikit lebih rumit, hahaha.

Jadi saat saya mengutarakan niat saya untuk merayakan ulangtahun Wira di sekolah, pihak sekolah memberikan saya surat informasi untuk perayaan ulangtahun Wira. Jadi nantinya akan diadakan “Culture Walk”, ketika guru dan/atau orangtua menjelaskan negara asal si anak — untuk Wira, Indonesia — ke teman-teman sekelas. Ada juga tiup lilin dan potong kue ulangtahun.

Nah, untuk kue ulangtahun, ada beberapa spesifikasi:

  1. Less sugar. Pernah melihat anak-anak makan permen terlalu banyak? Nah, itu salah satu hal yang sebaiknya DIHINDARI. Jadi tertulis jelas di surat informasi bahwa kue ulangtahun sebaiknya nggak mengandung terlalu banyak gula ataupun permen.
  2. Krim segar untuk hiasan kue sangat dianjurkan. Karena lebih aman untuk anak-anak dibandingkan krim instan kalengan yang mungkin mengandung pengawet dan/atau pemanis.
  3. Tidak mengandung kacang. Untuk menghindari reaksi alergi kacang di antara anak-anak (apabila ada yang mempunyai alergi.)

Masalahnya, kue ulangtahun itu biasanya ya… Errrr… Mengandung gula. Krimnya sendiri PASTI mengandung gula; dan tentu saja fondant.

Bingung lah saya ini sebaiknya gimana, hahaha. Kalau beli, artinya saya bakal rewel luar biasa dengan spesifikasi macam-macam.

Jadi cara paling “mudah” adalah memanggang kue sendiri, hahaha.

Ini resep yang rencananya saya akan gunakan:

Karena saya jarang sekali memanggang kue, saya memutuskan untuk latihan terlebih dahulu. Kemarin malam saya mencoba memanggang kue dengan hiasan krim dan buah peach. Hasilnya? Yaaaaaa, lumayan lah, hahaha.

IMG_3111

Jelas banyak hal yang perlu dibetulkan, tapi saya pribadi cukup senang 🙂 Doakan saya semoga nanti hasilnya memuaskan dan enak ya, hahaha.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s