(Insya Allah) Adiknya Wira

Eeeeh, jadi mulainya dari mana ya…

Sebenernya saya pengen nulisnya ini setelah hari Sabtu aja, setelah meyakinkan diri di dokter. Tapi setelah ngetes dua kali dan hasilnya sama, jadi saya mutusin buat nulis di sini aja.

Insya Allah, saat ini saya sedang mengandung. Usia lima minggu jalan ke minggu ke-enam.

Iya. Insya Allah adiknya Wira.

Rencana untuk mempunyai anak kedua sebenernya udah sejak akhir tahun lalu (November 2015) ketik saya memutuskan untuk melepas IUD. Proses melepasnya pake acara curhat dulu sama obgyn, hahaha. Ketika saya bilang bahwa umur Wira (saat itu) 3 tahun, dia agak kaget.

“What took you so long?”

Saya rasa, mungkin karena tergolong wajar banget di Malaysia untuk nggak pake KB terlalu lama sampe tahunan ya. Untuk keluarga Melayu yang otomatis muslim, wajar banget untuk mempunyai anak lebih dari dua ataupun tiga. Jadi mungkin, mungkin lho yaaa, si ibu juga nggak terlalu lama menggunakan KB.

Nah, ditanya gitu gimana kita ga curcol ya dijeeeeee. Jadi lah saya cerita bahwa setelah kelahiran Wira, saya mengalami baby blues; bahkan saya curiga masih ada sisa-sisanya sampe sekarang. Belum lagi dengan adaptasi dari saya yang dulunya bekerja (working mom) lalu menjadi ibu rumah tangga (stay at home-mom) di KL. Mau gimana juga pasti ‘kaget’.

Alhamdulillahnya, si dokter sabar banget gitu dengerinnya. Kayanya dia juga seneng ada emak-emak yang curhat ke dia, hahaha. Dia bilang, “I’m glad you tell me this. Mothers usually suffer in silence.” Hiks *peluk emak-emak sedunia* Sampe dokternya bilang ke saya kalo dia siap dan bersedia bikin surat rekomendasi siapa tau gw mau ngobrol ke psikolog.

Nah, karena curhat gitu juga, dokternya sampe nanya tiga kali ke saya: “Are you sure?” Hahaha.

… Dan, yaaa, Insya Allah saya hamil sekarang.

Terus kaget gitu pas tau.

Bukan kaget gimana macem “HA KOK BISA?” tapi karena Alhamdulillah saya nggak merasa mual sama sekali. Kaget juga karena udah masuk itungan minggu ke-lima, karena sebulan sebelumnya itu saya nggak ngerasa apa-apa. Bahkan sempet mudik ke Jakarta.

Saking ga kerasanya, saya sampe panik sendiri dan bertanya, “eh ini bener ga sih gw hamil?” Mana pake ngebaca soal ovarian cyst kan yaaaa, makin bubar jalan lah pikiran emak-emak paranoid ini. Tapi setelah ngetes lagi pake testpack, Alhamdulillah hasilnya sama. Positif.

Ada temen cerita kalo dia pas awal hamil itu ga mual, tapi baru mulai minggu ke-delapan. Nah, saya ini mulai ngerasa agak mual, apalagi kalo nggak/telat makan. Pusing eneng ini gimana masa harus ngunyah terus TIMBANGAN APA KABAR TIMBANGAN. Tapi disaranin juga sama temen-temen sesama ibuk-ibuk di grup WhatsApp buat ngemil biskuit polos sama air putih aja biar ga heboh-heboh amat naik berat badannya. Kalo bisa juga ngemil buah.

Nah, karena ini Insya Allah anak kedua, Wira juga udah kita siapin mentalnya dari awal. Dimulai dengan memanggil dia dengan sebutan “abang Wira” (anaknya sendiri yang mau. “Wira, nanti mau dipanggil dengan sebutan mas, kakak, atau abang?” “Abang ajah”) dan suka saya ajakin dia ngomong, “sayang adek di peruuut. Sayaaaang…” sambil tangannya ngelus-ngelus perut saya.

Pas awal pertama kami bilangin soal adek di perut, anaknya emang bingung sih. Kaos saya langsung ditarik dan dibuka, “mana ga ada adek bayi di perut ibu,” katanya. Heh.

Saya sendiri lagi berpikir-pikir apa perlu nulis semacem jurnal kehamilan di sini. Saya melakukan hal yang sama saat hamil Wira, tapi… Kontennya udah ilang ditelan bumi, hiks. Nanti gimana kalo anaknya udah gede liat blog emaknya ini lalu sebel kenapa kok yang dicatet cuma adeknya, bukan dia — ntar jadi berantem kakak adek coba ya.

Mohon doa restunya ya teman-teman.

5 thoughts on “(Insya Allah) Adiknya Wira

  1. Ah congrats, Kap! 😀 Didoakan supaya semuanya berjalan baik ya 🙂
    (dan jadi ingat, dulu gw suka baca2in apdet jurnal u pas masih hamil Wira XD )

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s