Kapan hari saya dan Ari sedang menonton TV. Acara TV saat itu membahas tentang acara jalan-jalan dan kuliner di Jepang, terutamanya di Tokyo.

Salah satu tempat tujuan mereka itu di sebuah restoran ramen (mie) — si pengunjung bisa memesan ramen melalui vending machine, membawa selembar kertas untuk konfirmasi pesanan, diberikan ke pelayan, dan pelayan tinggal datang membawa ramen yang dipesan. Tempatnya sendiri terdiri dari kubikel-kubikel kecil (seperti di kantor) yang hanya bisa muat untuk satu orang. Selain itu, si pembawa acara juga ditunjukkan beberapa vending machine yang menjual berbagai macam produk dari makanan sampai pakaian dalam (untuk orang-orang yang terpaksa menginap di capsule hotel karena tidak sempat mengejar kereta terakhir di malam hari). Salah satu bintang tamu yang merupakan orang Inggris yang tinggal dan bekerja di Jepang berkata bahwa efisiensi dan kepraktisan sangat dijunjung tinggi di Jepang.

Sepintas, rasanya memang canggih ya. Serba praktis, apa-apa bisa dibeli tanpa harus masuk ke toko dan antri membayar. Tinggal datang, pesan, lalu mendapatkan barang yang diminta — tanpa harus bertemu muka dengan orang lain.

“… Tapi kok rasanya ga ada interaksi manusianya ya,” komentar Ari.

Saya setuju.

Rasanya… Gimana ya. Dingin? Bertemu muka aja nggak, apalagi ngobrol. Sedangkan kalo kita di kampung-kampung masih bertemu orang saat jajan ke warung, bahkan sampe ngobrol dengan ibu atau bapak penjual di warung. Dengan kepraktisan dan teknologi modern, kadang malah jadi alasan manusia untuk ga berkomunikasi.

Memang sih, enak dan mudah. Modern sekali, malah. Gampang banget kan, kalo haus bisa beli di vending machine yang beroperasi 24 jam. Kalo mau beli makanan tinggal ngasih slip kertas yang berisikan konfirmasi lalu pesanan makanan langsung datang.

Tapi kita juga jangan lupa dengan warung-warung kecil atau toko-toko kelontong yang setiap saat bisa kita sapa dan ngobrol dengan si bapak atau ibu penjual ?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: