Awalnya saya pengen nulis soal ini di buku jurnal saya, tapi saya lalu berpikir, “… Well, screw that,” jadi saya menulis ini di blog.

Dua hari ini saya rasanya… Apa ya, dibilang tertekan juga nggak. Dibilang apatis/bodo amat juga nggak. Tapi rasanya nggak ada semangat untuk melakukan aktifitas sehari-hari.

Kemarin, saya menerima kabar bahwa salah satu mahasiswa saya meninggal dunia. Dari yang saya dengar bahkan sejak berbulan-bulan lalu, mahasiswa saya ini bisa dibilang bekerja terlalu keras. Divisi tempat dia bekerja mempunyai jumlah staf yang sangat terbatas, dan berujung dia dan rekan-rekannya bekerja nggak kenal waktu. Akhirnya fisiknya tumbang, sakit, opname, sakit memburuk, lalu… Ya kemarin itu. Berita yang saya baca di bagian komentar di profil FB-nya. Di foto yang bergambar tulisan tangan dia yang berisi perasaan dia yang takut dan nggak tentu; tapi dia berusaha berani karena dia yakin bahwa kondisi akan menjadi lebih baik.

And it was. 

Tapi tetap lah… Yang namanya sedih itu ada. Pengajar mana sih yang nggak pengen liat anak didiknya sukses sampai tua? Atau mengetahui bahwa mereka mempunyai kehidupan yang baik dan tenang. Lalu mendengar kabar bahwa seseorang yang masih muda sudah harus dipanggil pulang oleh Allah. Gone too young and gone too soon.

Lalu hari ini saya mendapati bahwa Wira menderita bronkitis. Wira sudah sebulan ini batuk-batuk, tapi seperti pasang surut. Kadang membaik, kadang kumat lagi. Dokter sendiri berkomentar bahwa hal itu dapat dipahami. “You got confused and thought it was just a common cold.

Dokter telah memberikan resep dan pengingat untuk secara rutin membersihkan rumah dari debu (karena debu adalah penyebab utama dari bronkitisnya Wira) namun tetap saya khawatir. 

Untuk saya, umur semuda Wira dengan badan yang masih mungil begitu terbatuk-batuk tak berhenti cukup membuat saya senewen. 

Dan rasanya capeeeeeek sekali. Capek dan sedih.

Bismillah. Semoga esok hari lebih baik ya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: