It’s pretty sad to see blogs that we used to visit suddenly no longer active.

Iya, gw tau kalo sepertinya ngeblog sekarang bukan kegiatan yang… utama (?) Gimana ya, iya lah tetep ada orang ngeblog; tapi udah yang nggak semasif kisaran taun 2000-an. Pas itu kayanya SEMUA orang ngeblog ya, hahaha. Gw awal ngeblog itu taun 2002-an kalo ga salah; taunya dari temen gw anak Akuntansi, namanya Alfri, dan — waktu itu — seorang blogger yang desain blognya gw suka banget. Gaya-gaya Jepang dan dia fans berat Ayumi Hamasaki. Ga lama kemudian, gw baru tau kalo ternyata si blogger itu, Jess, adalah junior gw di kuliah.

Ga lama, popularitas blog mulai naik. Dari orang ngeblog di Pitas, lalu Live Journal, sampe Geocities (GEOCITIES! NGEBLOG DI GEOCITIES! KURANG DEDIKASI APA LAGI ITU, BUKA FILE .HTML LALU NGETIK DI SITU KOMPLIT PAKE HTML, HAHAHA) sampe — masa itu sedang sangat trendi — Blogspot/Blogger.

Saling mengunjungi blog orang/blogwalking jadi kewajiban, dan tuker-tukeran link blog juga jadi keharusan. Sampe ada yang bikin file .gif/blinkies untuk link blog dia. Seru deh, hahaha.

Blog di masa jayanya itu luar biasa desainnya. Kontennya itu ya sebenernya standar: sidebar dan content/post bar. Tapi desainnya, warnanya, font, kursor (iya, kursor. Bisa diganti-ganti kursornya pake Javascript) itu luar biasa. Biasanya gaya anime/manga dan artis J-Pop atau J-dorama. We were weebs on our own time, hahaha.

Bloggers were selebtweet/selebgram at that time. Ada pandangan sinis terhadap para blogger, sampe ada sindiran “go-blog”; antara “ayo ngeblog” atau ya… Goblok. Kesan blogger untuk seseorang itu antara orang yang, “oh wow,” atau, “oh wow lu bodoh amat sih cerita soal kehidupan pribadi lu di Internet? Ke orang yang ga dikenal?”

Gw pernah ditanya sama dosen gw, “blog itu apa?” Lalu gw cerita kan lah ya. Dosen gw kaya ragu dan kaget gitu. “Itu gapapa kamu cerita soal keseharian kamu di Internet, Nin? Orang lain bisa baca? Orang yang ga kamu kenal?”

Sekarang?

Woelah.

“HAE TWITTER TAUGASILO SEMALEM GW BARU TIDUR JAM 1 PAGI KARENA ANXIETY ATTACK TERUS PAGINYA GW SUSAH BOKERHAHAHAHAHAHA.”

Sekarang jadi banyak bloggers yang gw tau udah lebih aktif di social media. Minimal Tumblr dan Instagram. Ya bagus sih, toh tetep gw follow juga mereka; tapi ada yang bener-bener ngilang dan bikin bertanya-tanya, “… dia ke mana ya? Sehat-sehat kan ya?” Entri terakhir di blog bisa yang taun 2007 (dan ajaibnya domainnya masih aktif sampe sekarang), sementara di social media terakhir aktif taun 2016. Sebenernya bikin mellow liatnya.

This is what interesting from so-called Internet friendship.

Iya, ga kenal. Iya, hanya kenal sebatas apa yang dia tulis di blog atau social media dia. Cuma, rasanya ya… Kenal. Kenal baik. Oh, pagi ini dia abis ngopi di kafe anu. Oh, hari ini dia ngerasa begini. Oh, dia lagi nonton serial TV itu. Walaupun dari hal-hal yang kecil-kecil begitu, rasanya ya tetep kehilangan ketika kita ga liat tulisan-tulisan dari dia lagi. “Dia kenapa ya? Sehat-sehat kan ya? Ga kenapa-kenapa kan ya?” Kepo; tapi mungkin itu sifat manusiawi (?)

Ada beberapa blogger yang gw follow baik blognya dan akun social media dia; tapi ya itu, udah ga aktif lagi. Blognya masih ada, akunnya masih ada; tapi orangnya udah ga tau apa kabarnya. Bikin melangut, hahaha.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: