Mulai ada pertanyaan, “sudah bikin kue kering?” dan biasanya saya jawab dengan, “sudah… Tapi sudah habis juga” ? Soalnya suami dan anak sama-sama doyan kue kering, hahaha.

Omong-omong, yang namanya bulan puasa begini pasti makan dan minum jadi terbatas dan asupan makanan yang masuk sebaiknya memang yang berguna buat badan; dan yang namanya sayuran dan buah jangan sampe lupa deh. Penyakit saya, suka lupa kalo saya ini gampang banget kena wasir ?

Wasir ini penyakit sepele-nggak sepele. Kesan pertama pasti, “ih, apaan sih penyakit kok ga mutu gitu…” Heuh, tunggu aja deh sampe sembelit, susah buang air besar, lalu bengkak deh. Justru saluran sekresi manusia harus diperhatiin, karena ngeluarin racun dan zat sisa.

Soal sembelit dan wasir, saya pernah konsultasi ke dokter dan dokter memang bilang bahwa resiko sembelit dan wasir lebih mudah diderita wanita. Entah kenapa ? Apalagi saat hamil, itu resiko sembelit dan wasir jauh lebih besar (percaya sama saya deh…)

Jadi mumpung toh Insya Allah puasa Ramadan masih separuh jalan lagi, jangan lupa makan makanan berserat tinggi (sayuran dan buah-buahan — terutama pepaya dan plum/prunes) dan minum air putih secara teratur setelah berbuka puasa.

Kalo yang kambuhan seperti saya, siapin obat penghilang rasa sakit (Panadol atau Ponstan — Ponstan kalo emang udah wassalam ya sakitnya) dan obat wasir (saya konsumsi Daflon).

Semoga puasa Ramadan kita dapat dilalui dengan kesehatan yang baik ?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: