Sambel

Sebelum menikah, saya bukan orang yang doyan makanan pedas. Sambel sih ya masih bisa lah dimakan, tapi bukan yang “OMG HARUS ADA SAMBEL” gitu.

Ketika udah menikah — apalagi pas hamil — jadi doyan banget sama sambel. Faktor utamanya itu Ari, hahaha. Dia doyan sambel, dan otomatis saya juga jadi doyan sambel. Waktu hamil juga senengnya makan makanan yang berbumbu dan pedas.

Kemarin, saya beli dua mason jar di supermarket deket rumah. Rencananya mau diisi sambel jadi ga bolak-balik bikin sambel tiap hari.

Sambel favorit saya itu sambel matah — sedangkan Ari lebih suka sambel terasi. Buat saya, sambel matah itu kaya salsa dari cabe, hahaha.

Bikin sambel matah itu gampang. Cuma butuh cabe, tomat, bawang merah, lemon atau jeruk nipis, terasi/belacan, garam, dan minyak goreng sedikit.

Cabe dan bawang diiris lalu dicampur dengan air jeruk nipis. Terasi digoreng lalu dicampur ke cabe dan disiram minyak goreng. Udah deh jadi.


Nah, yang ini udah dicampur.

Sambel matah setoples kecil ini bisa saya habisin dalam waktu 2-3 hari. Enak banget soalnya. Sebenernya saya pengen campur pake kecombrang/bunga jahe, tapi Ari ga suka. Ish.

Buat Ari, saya bikinin sambel dadak — isinya sama, bedanya cabenya direbus dan diblender jadi satu.


Saya juga tetep kasih minyak goreng bekas ngegoreng terasi biar ga kering dan gurih.

Dan tentu aja, buat nemenin sambel kita bikin ayam ungkep goreng doooong.

Saya pernah iseng nyari resep ayam ungkep di Malaysia ini, dan sebenernya isinya sama.

Cuma…

Ga digoreng ?

Padahal kalo digoreng jadi uenak banget lho ?

Untuk resep ayam ungkep, cuma butuh: bawang putih, lengkuas, jahe, kunyit, biji ketumbar, dan garam. Blender sampe halus deh.

Udah halus, campur ke ayam.


Campur sampe rata, lalu bisa didiamkan selama satu jam. Karena kemarin saya waktunya kepepet, saya langsung masak ? Tutup wajan dan letakkan di atas api kecil selama 45-60 menit sampai bumbu menyusut dan diserap ayam. Sebagai tambahan, bisa tambahkan serai dan daun salam.


Sebenernya ga perlu dikasih air, tapi kalo pas ngeblender bumbu dikasih air sedikit biar hasilnya alus, juga gapapa. Intinya mah pas diungkep itu bumbunya keserap semua.

Begitu bumbu terserap semua (wajan ga ada sisa air lagi), bisa disimpan (kalo di rumah sih, paling lama seminggu) atau langsung digoreng. Dimakan pake nasi anget dan sambel, sedaaaap.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s