Pertama Kali Mencoba Kanafah (Kunafa)

Dua minggu lalu saat saya sedang berkeliaran di Facebook, saya menemukan video di atas dari FB Page INSIDER, dan saya langsung tertarik, hahaha. Saya penggemar keju, dan konsep keju sebagai makanan manis (dessert) sebenernya sih bukan hal baru banget ya (cheesecake, misalnya) tapi kayanya kanafah ini kok lejaaaat sekali, hahaha.

Sewaktu saya share di FB saya, nah ada tiga teman saya yang pernah tinggal di Kuwait nih langsung nyamber. “KUNAFAAAA! YA AMPUN ITU ENAK BANGET KAAAAP!” Nah lho, gimana nggak makin penasaran saya?

Saya teringat bahwa komunitas Arab di Kuala Lumpur itu lumayan besar. Selain Little India dan Chinatown yang tersohor, ada pula semacam Little Arab dan Little Korea tersebar di KL. Iseng saya coba cari di Google, apakah ada restoran Timur Tengah yang menyajikan kanafah ini. Beberapa hasil pencarian menyatakan ada, dan tersedia di beberapa restoran yang namanya cukup beken di KL. Nah, ada nih satu yang terletak di area Ampang Point, Selangor! Wah, deket rumah! Dan toko ini memang spesialisasi menyediakan manisan khas Timur Tengah seperti kanafah, baklava, dan sebagainya. Nama toko ini adalah Damas Sweets, berlokasi di 11, Jalan Mamanda 5, Taman Dato Ahmad Razali, 68000 Ampang, Selangor, Malaysia. Jam operasi mereka dimulai dari pukul 11 siang hingga 11 malam (menurut Google).

Jujur ya, awalnya saya agak gentar mencoba manisan khas Timur Tengah. Saya takutnya kalau manisan itu terlalu, errr, manis. Makanya banyak manisan Timur Tengah disajikan dengan kopi Arabika yang tersohor itu. Tapi kadung penasaran, plus mas Ari sudah mengantarkan (dan disertai protes dari Wira, “ibu beli apa lagi sih? Hah? Makanan? TADI KAN BARUSAN MAKAN SIANG INI KOK BELI MAKANAN LAGIIIIII!”) jadi hayuk lah kita kemon!

Masuk ke toko Damas Sweets, ada bau wangi manisan namun tidak terlalu menyengat. Baunya menyenangkan, malah. Saya sempet ngebatin, “wah jangan-jangan gini nih bau surga,” hahaha. Suasana dalam toko sangat tenang dan sejuk, seperti oase dari matahari KL yang menyengat.

Penjaga toko menyambut saya dalam bahasa Inggris dan bertanya pesanan saya. Saya hanya menyebut, “kanafah,” dan penjaga toko menyebutkan harga per kilo (RM 53). Buset, rupanya mereka juga jualan per kilo. Ini menggambarkan betapa cintanya warga Timur Tengah dengan kuliner manisan mereka. Karena ini pertama kali saya mencoba, jadi saya memutuskan untuk membeli setengah kilogram saja.

IMG_0505

Kanafah yang disajikan rupanya kanafah yang plain, dan memang itu pilihan saya. Saya belum berani yang sudah modifikasi atau diberikan tambahan macam-macam, hahaha. Ada beberapa biji kacang pistachio sebagai hiasan, sisanya ya sama: keju dan pastry.

IMG_0504

Saya sempat mengira bahwa kanafah yang saya pesan akan dipotong panas-panas seperti yang di video, tapi ya nggak mungkin juga ya, hahaha. Namanya juga take away, sebaiknya disajikan dingin supaya bisa dihangatkan sendiri di rumah.

Selama di perjalanan pulang, saya nggak bisa berhenti cengar-cengir, hahaha. Akhirnya kesampaian juga!

IMG_0506

IMG_0509

Sesampainya di rumah, saya ambil sepotong kanafah lalu saya masukkan ke microwave dengan durasi 30 detik. Ketika weker berbunyi, oh ya ampuuuuun, kejunya meleleh. M E L E L E H.

IMG_0507

Rasa kejunya tidak terlalu kuat. Seperti makan keju mozarella atau ricotta yang memang lembut, sehingga nggak perlu khawatir dengan bau menusuk khas keju. Rasanya manis, tapi nggak yang terlalu manis bikin pusing kepala. Manis dan wangi (dari air mawar). Makan kanafah ini bisa makan satu porsi/satu potong dengan santai, namun setelahnya kesadar bahwa, “oke. Satu dulu aja deh,” hahaha. Tapi nggak eneg juga. Sangat nikmat bila dimakan hangat-hangat dan pelan-pelan sebagai teman minum teh atau kopi (yang sayangnya saya sedang nggak pengen minum dua-duanya, huhuhu) sambil ngobrol.

IMG_0512

Damas Sweets beralamat di:
11, Jalan Mamanda 5, Taman Dato Ahmad Razali, 68000 Ampang, Selangor, Malaysia

Jam kerja:
Setiap hari: 11 pagi – 11 malam

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s