Heatwave

Mood: ‘In A Sentimental Mood’ – Duke Ellington

Hari Jumat kemarin, Wira mendadak demam 38 derajat Celcius. Gw sempet kepikiran, apa jangan-jangan infeksi bakteri lagi; tapi kalo infeksi bakteri, biasanya demamnya itu langsung melejit antara 39-40 derajat Celcius dan macam ga mempan selepas konsumsi paracetamol. Sementara Wira itu demam, pas dikasih paracetamol suhu badannya turun ke kisaran 36-37 derajat Celcius, dan ngeluh sakit kepala. Bahkan di hari Sabtu, demam turun, anaknya masih ngeluh sakit kepala.

Sempet bingung, ini kenapa. Mungkin gejala selesma/batuk pilek, tapi baru kali ini liat sakit kepala kok sampe dua hari.

Terus ketauan kenapa, karena dari label botol air mineral, hahaha. Jadi di botol air mineral itu, ada satu merek yang labelnya itu macem… apa ya, iklan layanan masyarakat (?) Ngasih tau fungsi dan kelebihan konsumsi air untuk ibu hamil dan menyusui, menjaga kesehatan, dan… dehidrasi.

Iya. Wira dehidrasi.

Demam, sakit kepala berkepanjangan, dan bibir pecah-pecah.

Udah beberapa hari ini emang Kuala Lumpur panasnya luar biasa. Iya sih, sempet hujan, tapi suhu udara tetap panas dan lembab luar biasa. Mungkin banget terjadi heatwave.

sunset sunshine travel wings
Photo by Julian Jagtenberg on Pexels.com — and no, I’m not THAT enthusiastic with the sun

Besoknya, Rey demam. Hadeh.

Sama. Dehidrasi ringan. Mirip kaya dulu waktu kami liburan ke Ipoh. Cuaca panas luar biasa plus udara lembab bukan main. Rey cilik sempet nangis menjerit tengah malem karena sakit kepala dan demam selama dua hari waktu di Ipoh. Selepas itu, setiap liburan kami ini udah macem khilafah nyeberang gurun. Botol minum berbotol-botol. Tiap tiga menit udah macem kaset rusak; “Wira, minum! Rey, mana botol airnya? Jangan lupa minum! Udah minum belum?”

Alhamdulillah, Rey ini tergolong yang kalo makan dan minum itu ga susah. Jadi demam hanya sehari. Terus kami kasih asupan minum dan buah-buahan yang tinggi kadar airnya (semangka) dan kami pasang kompres dingin tempel macem Bye Bye Fever di dahinya, supaya suhu badannya nggak naik. Wira ya tentu aja kami omeli terus supaya mau minum. Asli deh; ada apa sih dengan bocah dan malasnya minum air putih? Hhhhhh. Wira juga ya setelah kami tau anak itu kena dehidrasi ya langsung kami paksa minum air banyak-banyak dan makan semangka.

person holding key smartphone and plastic bottle
Photo by i love simple beyond on Pexels.com

Awalnya gw kira cuma kami aja yang kena dehidrasi kaya gini; tapi ternyata temen-temen yang di Jakarta juga kena. “Anak-anak gw, bahkan sampe anjing-anjing peliharaan, pada lesu gitu juga. Anak-anak sampe demam dan muntah.”

Fix ini heatwave; dan ternyata tahun ini emang lagi buruk banget heatwave-nya. Di Jepang sampe ada anak-anak meninggal dan masuk kategori bencana alam, masa. Eropa juga terkena dampaknya, bahkan sampe suhunya di kisaran 48 derajat Celcius. Maaaak, gw suhu 40 derajat Celcius di Kuala Lumpur aja jerit-jerit, apa lah ini 48 derajaaaaat.

Satu hal yang gw syukuri: Tahun ini, seperti tahun-tahun sebelumnya selama tiga tahun ini, tidak ada kabut asap dari kebakaran hutan dan lahan di Sumatra dan Kalimantan. Luar biasa tim BPBN dan pemadam kebakaran beserta tentara memang nih. Ya Allah. Semoga selalu diberi sehat, diberi berkah, dimudahkan segala urusan ya bapak, ibu, abang, kakak, mas, dan mbak sekalian.

Buat temans di mari, jaga-jaga ya kondisi badan. Gw sempet liat kalo di area Jawa Timur itu suhu udara malah rendah ya? Dieng sampe berapa minus derajat Celcius gitu.

Kalo udara mulai kerasa panas banget dan badan reaksi aneh-aneh macem demam, sakit kepala berkepanjangan, mual-mual sampe muntah, sekujur badan/persendian sakit, bisa jadi efek heatstroke. Jangan karena kita berpikir, “ah, kan tinggal di negara tropis. Udah kebiasa kok sama matahari,” terus jadi cuek sama badan. Cuaca dan iklim makin nggilani.

food healthy red summer
Photo by Pixabay on Pexels.com

Jangan lupa minum yang banyak, asupan mineral terus dijaga (minum minuman isotonik), makan buah dan sayuran yang mengandung kadar air tinggi, dan sebisa mungkin kurangi kegiatan luar ruangan yang nggak diperlukan. Kalo musti beraktifitas di luar ruangan, sebisa mungkin pake topi. Tetep: Jangan lupa minum.

2 thoughts on “Heatwave

  1. aku pernah kejadian gini juga.

    padahal perasaan panas mataharinya ya kayak biasa, jalan kaki ya jaraknya sama, belum pernah yang sampai sakit kepala. ternyata gara-gara dehidrasi. pas dikasih minum banyak baru agak mendingan.

    Like

    1. Nah iya! Kaya ga kerasa apa-apa gitu, ga yang panas banget gimana, eh mendadak sakit kepala atau gliyengan gitu. Mbak Uthie sehat-sehat ya 🙏🏻

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s